Perdana, Museum Tsunami Aceh jadi Bintang Tamu Virtual Tour

Perdana, Museum Tsunami Aceh jadi Bintang Tamu Virtual Tour

BANDA ACEH – Selama pandemi Covid-19, Museum Tsunami Aceh juga mendapat imbas. Keberadaan museum ini juga harus ditutup sementara bagi pengunjung sejak 16 Maret lalu.

Memasuki tahap adaptasi kebiasaan baru, status Museum Tsunami Aceh juga belum mendapatkan instruksi untuk dibuka kembali.

Sementara itu, Rabu (15/7/2020) berkolaborasi dengan Komunitas Jelajah, Museum Tsunami Aceh dipercaya sebagai bintang tamu untuk mengisi virtual tour yang disiarkan secara langsung di Instagram.

“Acara yang berlangsung setiap Rabu ini memang menjadi salah bentuk kepedulian Komunitas Jelajah untuk para followers dalam suasana pandemi,” jelas Fakhira selaku pemandu virtual dari Komunitas Jelajah.

Dalam kesempatan tersebut, Kurator Museum Tsunami Aceh Cut Intan Damayanti juga ikut memandu secara langsung menunjukkan sejumlah spot yang ada di museum.

“Virtual tour diawali dari loket tiket museum di lantai 1. Lalu sobat Mutsu (sebutan akrab Museum Tsunami) kita ajak melihat koleksi ikonik berupa helikopter di depan pintu masuk,” sebut Intan.

Dalam siaran langsung ini, Intan juga ikut menceritakan tentang Smong yang ada di ruang Pameran Temporer di lantai 2 serta melihat ruang-ruang lainnya seperti ruang Barak, hingga ke ruang perpustakaan yang sarat dengan literasi bencana.

Koordinator Museum Tsunami Aceh Hafnidar, mengatakan nantinya dalam waktu dekat, Mutsu juga akan menggelar live tour yang dikemas interaktif lewat aplikasi Zoom yang terbuka gratis bagi semua masyarakat.

“Kebetulan sejak awal bulan Juli ini sudah kita rencanakan live tour Museum Tsunami lewat aplikasi Zoom, sehingga nanti bisa lebih interaktif dan tentunya ada hal yang menarik yang ingin kita tampilkan,” ujar Hafni.

Apa saja yang unik dari live tour kali ini? “Tunggu saja tanggal mainnya ya,” tutup Hafni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *